Tuesday, March 29, 2016

Install dan Konfigurasi SSH (remote) di Debian 8 Router


Saya akan mengkonfigurasi router saya dari jauh dengan laptop saya. Maka yang harus saya lakukan adalah menginstall ssh di router, apa itu ssh? lihat lebih detail di wikipedia (Jangan malas untuk membaca!) Tetapi saya meremote router dengan jaringan wifi yang berada pada eth2, eth2 atau interface pada router saya yang terhubung ke access point dan memancarkan sinyal wireless untuk client agar terhubung ke server maupun router.

Install SSH (remote) di Debian 8 Router
Berikut ini adalah cara menginstall ssh di debian 8
  1. menginstall openssh-server di debian 8
  2. # apt-get install openssh-server
    # apt-get install openssh-server
  3. Nah untuk mengkonfigurasi letak filenya ada di /etc/ssh/sshd_config
  4. # nano /etc/ssh/sshd_config
    nano /etc/ssh/sshd_config
  5. Untuk mengganti port service ssh anda bisa merubahnya dengan port yang lain asal tidak terjadi konflik dengan service port yang lain (Tetapi saya menggunakan service port ssh default yaitu port 22)
Nah selanjutnya ikuti step berikutnya . . .
Dilarang keras mengcopas artikel ini tanpa sumber link aktif!
Hargailah penulis!
Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : https://sibroo21.blogspot.com/2016/03/install-dan-konfigurasi-ssh-remote-di.html


(Oleh : )

asjasb