Friday, February 26, 2016

Sejarah dan Level Mikrotik


Pada kesempatan pada hari ini saya akan membahas tentang sejarah dan level pada Mikrotik. Oke tanpa basa-basi saya akan membahasnya :)
Sejarah Mikrotik
Mikrotik pertama kali digagas pembuatannya pada tahun 1996 oleh dua orang hebat bernama John (John Tully) dan Arnis (Arnis Riekstins). Keuda orang ini berasal dari Negara Moldova tepatnya di kota Riga, sebuah negara pecahan Uni Soviet. Kedua orang tersebut memulai sejarah Mikrotik dengan membangun sebuah perangkat hasil dari perpaduan antara 2 buah sistem operasi (Linux dan MS DOS) dan teknologi Wireless LAN atau WLAN Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps.

Sejarah dan Level Mikrotik

Misi besar kedua orang tersebut mulai menemukan titik terang setelah ada 5 konsumen di Latvia. Misi besar mereka adalah membuat suatu sistem operasi untuk router, bukan hanya membuat wireless ISP (WISP) seperti yang telah mereka lakukan pada awal sejarah mikrotik di atas. Lambat laut mimpi mereka terwujud dengan dibantu beberapa staf berjumlah 5-15 orang. Mereka mengembangkan OS Mikrotik untuk router tersebut menggunakan Linux, Linux dengan kernel 2.2 adalah yang mereka pergunakan pertama kali untuk membangun mikrotik RouterOS, dan hingga kini mikrotik terus berkembang dan kepopulerannya ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna sistem operaso router Mikrotik di beberapa negara berkembang di dunia.

Pembagian Level Mikrotik
Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya masing-masing, mulai dari level 3 hinggak level 6. Secara singkay level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet, level 4 untuk wireless client atau serial interface, level 5 untuk wireless AP, dan level 6 tidak mempunyai limitasi apapun.
Untuk aplikasi hotspot biasanya digunakan level 4 (200 user), level 5 (500 user) dan level 6 (Unlimited user).
Detail perbedaan masing-masing level dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
level mikrotik
Sekian dari saya kurang lebihnya sama mohon maaf :)
Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : https://sibroo21.blogspot.com/2016/02/sejarah-dan-level-mikrotik.html


(Oleh : )

asjasb